#

JKT48 - River [Review - Nippon Budoukan]

Entah kenapa saya selalu jelek nasib kalau pas ada jadwal Live Streaming, kemaren, kebetulan pas saya harus ke bandcloth karena udah ada janji duluan ((diceritakan di postingan yang lain)).

Dan katanya JKT48 tim J bawain River di Nippon Budoukan :’ dan saya engga sempet liat….

FYI. River itu lagu AKB48 yang menurut saya keren banget… kereeennnn bangeeet!!!! KEREN BANGEEETTT!!!

Konsep PV-nya militer gitu. River itu satu dari 3 lagu yang temanya ‘tegas’ dan ‘keras’ menurut saya, 3 lagu itu adalah Beginner, Uza dan River.


Saya emang pengen banget liat JKT48 khususnya tim J bawain satu diantara 3 lagu itu. dan akhirnya doa saya dijawab, saat special event heavy rotation kemaren (22/4) diumumin bahwa JKT48 bakal rilis single baru, yang terpilih adalah tim J bawain River dan kenkyusei (trainee) bawain Mirai no Kajitsu.

Seneng banget begitu denger kabar gitu, di event Hebirote itu juga diumumin member senbatsu yang bawain River. Dan ada beberapa member tim J yang engga terpilih.

Pas saya liat video nya di youtube, ternyata member senbatsunya juga ada yang engga hadir dan diganti dengan member non senbatsu (kalau harus disebut begitu) tapi hasilnya tetep keren kok. Serius.

Lirik river versi JKT48 itu kaya gini, beberapa kata yang jadi ciri khas lagu dipertahankan dan lirik lainnya ditranslate ke bahasa indonesia

RIVER 

JKT….48!

Majulah kedepan (got it)
Janganlah berhenti (got it)
Tujuan tempat matahari terbit
Ayo langkah di jalan harapan

Penghalang adalah river
Dan yang membentang river
Takdirnya river river river
Akan diuji river

Buanglah keraguanmu! Tunjukan nyalimu
Jangan ragu! Sekarang juga!
Satu langkah maju! Believe your self
Ayo maju! majulah kedepan
Sebarangi sungai! Ho! Ho! Ho!

Mimpi itu selalu terlihatnya jauh
Dan jaraknya terasa tidak tercapai
Batu di bawah kaki Ayo ambilah satu
Jadilah nekad dan coba lemparkan

Tepat di depan matamu ada sungai mengalir
Luas sebuah sungai yang besar
Walaupun gelap dan dalam
Walaupun arusnya deras

Tidak perlu ketakutan walaupun kau terpisah
Ya tepian pasti ada
Lebih percayalah pada dirimu

Get over it!
River!

Ah ah ah ah ah
Jangan alasan untuk diri sendiri
Jika dicoba tak akan tahu
Ah ah ah ah ah
Tiada ada jalan selain maju
 (maju) Selalu selalu selalu
Teruslah melangkah di jalan yang kau pilih
Di dalam hatimu juga ada sungai  mengalir
Sungai keringat dan air mata
Walaupun kau pernah gagal
Walau dirimu terbawa arus
Tak apa terulang lagi dan janganlah mengeluh
Genggamlah selalu impianmu
Sampai suatu saat mimpimu terkabul

Ayo sebrangilah!
You can do it!
 
Saat kinal ngasih komando ‘JKT. . . 48!’ itu bener-bener jadi ciri bahwa dia emang pantas dengan predikat kapten yang dia sandang, keren. 


Lagu river ini pake double center, Kinal dapet blocking Takahashi Minami, dan Melody dapet blocking Maeda Atsuko.

Beberapa member yang engga masuk list senbatsu tapi hadir di Nippon budoukan kemaren adalah Cindy, Ghaida ,Sonya, Frieska . Mereka kalau ga salah gantiin Stella, Shania, Ayana, Gaby.

Sayang sekali oshi saya, Shania, engga hadir karena masih UN smp waktu hari keberangkatan ke jepang, Ayana juga senasib sama Shania, sedangkan Stella lagi UTS kali :v menurut golden rules 48’s family, “pendidikan adalah nomor satu” makanya kalau bentrok sama sekolah mending pilih sekolah.

Saya agak kaget juga liat Frieska, dia dikenal dengan member yang ogah-ogahan dalam perform, saat saya liat di beberapa video juga emang keliatannya agak males tapi ya kali aja perasaan saya aja. Tapi begitu liat dia di River, keren, sumpah dia pasang tatapan super serius, dan engga ada dalam bayang-bayang kakaknya yang jadi center bareng Kinal. Good job buat Frieska :)


Lalu Ghaida, saya gak heran dia bisa keren gitu saat bawain river, dia emang punya kemampuan dance yang terlatih karena pernah ikut dance group pas SMA (CMIIW). Jadi agak heran juga kenapa dia dulu engga kepilih pas senbatsu untuk river. Mungkin karena dia sempet vakum di teater jadi perkembangan dia engga terlalu terlihat (OMSO).

Cindy Gulla, member dengan aura loli yang manis dan menggemaskan ini diragukan buat bawain River. Tapi ternyata dia bisa jadi loli perkasa juga kaya Mayuyu saat di River :v

Dan Sonya, sayang sekali dia engga dapet screentime, Cuma pas jauh saya bisa liat dia. Jadi engga bisa bikin review tentang dia.

Nabilah meskipun menyandang predikat ‘member paling muda’ tapi saat dia bawain river dan mengisi lini depan, dia engga terlihat masih muda dan amatir. Lalu beby sebagai member yang memiliki kemampuan dance diatas member lainnya sudah dipastikan sanggup membawakan River. Delima yang dulu diragukan membawakan lagu semacam river tampil berkarisma, dia menunjukan hasil usahanya selama ini dalam lagu river. Ve juga tampil elegan dan berkarisma. Akicha dan Haruka sudah jelas mampu membawakan river dengan baik karena mereka adalah member overseas.  Karena banyak member yang engga bisa saya lihat dengan jelas, jadi Cuma itu yang bisa saya beri komentar.

Secara keseluruhan, tim J udah cukup bagus bawain River. Selain JKT48, beberapa waktu lalu SNH48 diberi amanat lebih dahulu untuk menyanyikan lagu ini. Tapi saat saya coba membandingkan SNH dan JKT…

Full PV SNH48 - River bisa diliat disini

SNH48
Saya lebih pilih JKT48.

Bukan karena kebangsaan. Ini profesionalisme seorang penonton. Mungkin karena JKT48  lebih dulu belajar dance karena lebih dulu ada dibanding SNH48, atau aura member JKT48 sudah terbentuk dibanding SNH48.

Yang khas dari dance river adalah teriakan tegas dan tepukan paha yang keras juga cukup menyakitkan. Tim J secara ekspresi dan tepukan paha juga teriakan udah bagus kalau menurut saya, engga menghilangkan ciri khas lagu yang keras. Sedangkan SNH masih menyisakan kesan manis saat mereka bawain, entah karena logat mereka atau gimana saya kurang tau.

Overall, JKT dan SNH mereka menunjukan diri mereka dengan cara mereka sendiri. Untuk tim J, selamat, kalian memenuhi ekspektasi saya tentang lagu ini jika kalian yang bawain. SNH mau bagaimanapun mereka, saya tetep salut sama mereka bisa bawain river, jujur aja, river termasuk lagu yang punya koreografi cukup sulit. Member SNH jauh lebih baik daripada saya yang engga bisa dance :---)
seifuku river milik tim J juga bagus :3 aku mau coba pake dongs.

Pokoknya….

Sebrangilah sungai! You can do it!

2 comments:

  1. Ini keren lhoo. Pemilihan kalimat penutup yang di Bold itu emang mantep !

    ReplyDelete
  2. Ternyata suka JKT48 juga ya.
    @dot.lae

    ReplyDelete