#

musim gugur

seorang teman pernah berkata:
Some friends come into your life for a reason, others come only for a season.
yang saya respon dengan "iya, bener banget."


sekarang usia saya udah 19, usia nanggung, tua engga, muda apalagi. tapi ini bisa dibilang tahun terakhir bisa sok muda karena masih menyandang status 'umur belasan'.

engga, ini bukan mau bahas soal umur, ini mau bahas tentang teman..
hampir 11 tahun yang lalu, saya pindah dari sebuah wilayah kecil di Bandung ke sebuah tempat yang jauh dari Bandung, iya, itu Tanjungsari, Sumedang.

di sini saya bisa dibilang pertama kalinya belajar gimana caranya berteman, yang bahkan sampai sekarang masih sulit untuk dijelaskan. yang pasti, sejak saya pindah ke sini, saya punya banyak teman, entah yang sekedar datang untuk singgah, atau untuk menetap.

semakin lama, semakin canggih pula cara mendapatkan teman. godbless internet, and social media. saya punya semakin banyak kenalan sejak era socmed-socmedan ini. entah kenal lewat friendster, facebook, twitter atau ya yang lainnya lah. tapi hanya sebagian dari mereka yang masih saya kenal. ada juga yang sekarang sudah entah gimana kabar dan rupanya.

lalu, kembali ke obrolan saya dan teman saya.

waktu itu entah apa awalnya, tapi kami akhirnya membicarakan tentang teman-teman sekolah. yang sudah hampir ga pernah berkomunikasi lagi.

saya jadi mikir, dari sekian banyak orang yang saya kenal, sedikit banget kuantitas yang sampai sekarang masih benar-benar sering dijumpai.

mungkin ini hukum alam. apapun, bukan cuma teman, akan memiliki musim gugurnya. seperti hobi, film favorit, lagu kesukaan, kadang semua itu akan terganti oleh hal baru yang dirasa lebih menyenangkan.

saya pun begitu, banyak hal yang sudah saya lupakan dan terganti oleh hal lain. tapi, hal lama itu ditinggalkan bukan karena benci, kadang itu semata-mata karena, yah, bosan mungkin kata paling tepat.

teman sebenarnya, datang karnea suatu alasan, dan akan bertahan entah sampai kapan, tapi dia akan selalu ada. dan beberapa teman lainnya, datang untuk sekedar berkunjung, lalu hanya sesekali berkabar.

lalu apa yang sebaiknya dilakukan?

terserah.

apa kamu mau kembali memunguti daun gugur, dan menyimpannya. atau membiarkannya jatuh lalu mengering dan lapuk.

semoga musim semi segera tiba :)




2 comments: