#

Liburan Musim Dingin

"Yah, hujan lagi!" ucap saya sambil balik lagi ke kamar kosan buat ambil payung. Hari itu saya kuliah kaya biasa, dan seperti biasa juga hujan turun. Sekarang bulan Februari. Emang lagi musimnya.

Sekarang kuliah saya udah masuk semester 4, makin melelahkan. Ditambah cuaca yang engga bersahabat bikin saya kehilangan mood buat belajar. Huft.

Saya jadi pengen liburan.

Ngomong-ngomong, sekarang lagi musim dingin di negara favorit saya, yap, Jepang. Saya suka banget Jepang, dari saya kecil saya cuma bisa liat Jepang lewat anime, manga, atau majalah tanpa pernah bisa datang. Padahal Jepang adalah salah satu alasan saya ambil kuliah desain, ya siapa tahu saya bisa nerusin kuliah desain di sana. Atau ya minimal saya bisa ke sana buat sekedar liburan.

Ya, liburan.

Gimana sih kalau misalnya saya liburan ke Jepang. Apa aja sih yang saya pengen datengin di sana? Apa juga yang akan saya lakukan kalau ke sana saat musim dingin ini?

Ini jawabannya..


Ada banyak banget tempat yang pengen saya datengin di Jepang, misalnya Tokyo Tower, Akihabara (dan pastinya AKB48 theater), Shibuya, Kyoto, Ghibli Studio Museum dan bahkan cuma sekedar bisa lihat Gunung Fuji dari jauh.



Tapi ada beberapa hal yang cuma bisa dilakukan saat musim dingin, dan ini adalah hal yang ingin saya lakukan kalau saya liburan musim dingin ke Jepang :D

Saya sering banget nonton anime atau dorama Jepang yang setting lokasinya adalah saat salju, misalnya 5cm/second, atau LoveLive yang perform di bawah salju yang turun bawain lagu snow halation! :D

Biasanya karakter atau pemerannya selalu memakai pakaian musim dingin salah satunya berupa jaket dan boots. Dan itu adalah salah satu yang harus diperhatikan kalau misalnya mau ke Jepang saat musim dingin, karena di Jepang suhu udara saat musim dingin bisa mencapai 3-9 derajat celcius.

Malah pakaian musim dingin ini dijadikan fashion oleh orang Jepang :3



Saya juga mau gegayaan di Jepang pas musim dingin! Maka dari itu saya coba pake winter coat juga kaya gitu. Taraaa ~




Udah cocok belum buat liburan musim dingin ke Jepang?


Tapi tetap usahakan untuk pakai baju tebal yang benar, ya :D

Selain pakai baju seperti itu, saya juga pengen dong pake baju tradisional jepang, yup! Kimono!

Sebenarnya saya udah pernah coba pake kimono saat ada event japan matsuri UNPAD, waktu itu saya dan adik saya nyoba foto pake kimono, dan begini lah hasilnyaaa





Tapi rasanya kurang pas kalau engga nyoba langsung di Jepang sana, Kebetulan, ada Yumeyakata, tempat sewa kimono (atau yukata saat musim panas) di Kyoto dengan harga cukup terjangkau, bisa dilihat di websitenya http://www.yumeyakata.com/english/kimono-rental.html

Dan dalam paket sewanya rambut kita akan ditata oleh mereka juga akan dapat sesi photoshoot, makin seru dong jalan-jalan di Jepangnya! :D

source



Musim dingin udah jelas ada salju, rasanya jadi pengen bikin manusia salju!


"Do you wanna build a snowmaaaan ~"




Ngomong-ngomong manusia salju, di Jepang ada banyak festival salju, salah satunya ada di Sapporo (Ibu kota Hokkaido), namanya adalah Sapporo Snow Festival atau Festival Salju Sapporo, untuk tahun ini berlangsung dari 5 Februari sampai 11 Februari. Dan ini adalah salah satu event paling populer di Jepang, bukan cuma buat penduduk sana, tapi juga turis asing.

Festival ini diadakan sejak tahun 2006, dan diadakan di tiga lokasi, yaitu Taman Odori, Susukino dan Sapporo Satoland. Di Taman Odori banyak dipamerkan ukiran es dan salju yang besar! Termasuk pahatan es berbentuk miniatur bangunan terkenal atau karakter anime/manga. Pameran es yang lebih kecil biasa diadakan di Susukino, dan di Sapporo Satoland digunakan untuk mengadakan acara keluarga.

source

Ternyata, selain di Sapporo, ada juga festival salju lain di Jepang! 

Seperti misalnya Otaru Snow Light Path yang diadakan selama sepuluh hari setiap bulan Februari di Otaru, di mana kotanya akan didekorasi dengan banyak lampu dan patung salju kecil yang menciptakan suasana tenang, menyenangkan dan romantis.
Atau Asahikawa Winter Festival yang diadakan lebih dari seminggu saat awal Februari.  Festival ini memamerkan patung salju terbesar di Jepang! Di sini biasanya diadakan kompetisi patung es, salju dan slide snowmobile rides.


Ada juga festival salju yang mirip seperti Sapporo Snow Festival, yaitu Tokamachi Snow Festival! Event ini diadakan selama tiga hari di sekitar hari Sabtu pada minggu ketiga Februari di Tokamachi. Tokamachi ini adalah kota yang mengalami salah satu tingkat hujan salju tertinggi di Jepang. Di sana selain liat patung salju, juga bisa slide snow dan ada stalls fest. 

Wah jadi pengen datengin semuanya! Sayangnya beberapa festival itu ada yang udah selesai, jadi harus tunggu tahun berikutnya :(

Setelah dingin-dinginan kena salju, apa lagi sih kegiatan yang harus dilakuin? Mandi? Ah, mandi doang mah biasa. Kalau mandinya di pemandian air panas dengan hamparan salju depan mata? Baru engga biasa.




Di Jepang, pemandian air panas disebut Onsen, biasanya ada di penginapan, banyak penginapan  memiliki onsen yang terbuka dan menawarkan pemandangan salju di musim dingin. Dari sekian banyak Onsen yang ada, saya paling suka yaitu Minakami Onsen dan Manza Onsen. Osenkaku, Takaragawa onsen, merupakan salah satu ryokan di Minakami Hot Springs yang memiliki pemandian outdoors terluar dan terbesar di Jepang. Takaragawa Onsen adalah yang paling dekat dengan Tokyo. Sedangkan Manza Onsen adalah pusat air panas yang terletak 1800 meter di atas permukaan laut, di lereng Gunung Shirane. Gunung ini menyediakan onsen dengan perairan paling sulfat. Sejumlah besar salju di musim dingin membuat kota ini menjadi salah satu tempat terbaik yang dekat dengan Tokyo untuk menikmati mandi air panas dengan pemandangan salju.


source
Eits, jangan cuma dipikirin main dan senang-senangnya aja, jangan lupa, di Jepang itu ada banyak makanan yang patut dicoba, meskipun di Indonesia sendiri banyak restoran dan kedai yang berjualan makanan Jepang, tapi mungkin rasanya beda sama yang asli di sana. 
Tapi ada kegiatan yang saya pengen banget lakuin saat ke Jepang di musim salju, yaitu Ski dan snowboarding!




Dan tempat yang cocok untuk itu di Jepang salah satunya adalah Gala Yuzawa. 

Gala Yuzawa merupakan salah satu tempat yang direkomendasikan bagi para turis yang ingin merasakan kegembiraan liburan musim dingin di Jepang. Ski resort ini hanya berjarak 77 menit dengan shinkansen dari stasiun Tokyo. Mencapai “snowy wonderland” ini tidak perlu mengganti kereta karena dengan shinkansen bisa langsung tiba di Gala Yuzawa Ski Resort. Maka jadikanlah Gala Yuzawa sebagai salah satu tujuan wisata kamu apabila berlibur ke Jepang.

source

Selain untuk tempat ski, di sana juga bisa naik gondola. Iya, kereta gantung! :D

source
Di Gala Yuzawa juga ada Es krim. Apa? Es krim saat musim dingin? Kenapa engga?! :D
Karena ini adalah Blue Seal Ice Cream dari Okinawa dan Marion Crepes yang terkenal di Harajuku juga bisa kamu nikmati saat ke Gala Yuzawa juga.



Nah, salah satu cara untuk ke Gala Yuzawa adalah dengan pakai Shinkanshen seperti yang saya bilang di atas. Bagusnya sih bisa pakai JR East yang bisa dipesan di Tokyo Rail Days Indonesia.

Caranya pun gampang, kaya kamu bisa lihat di bawah ini


Karena di Indonesia sendiri saya jarang bisa naik kereta, makanya pengen nyobain kalau naik kereta di sana. Dan JR East ini adalah perusahaan perkeretaapian terbesar di sana. Kebetulan nih, sekarang lagi ada promo buy 1 get 1 tiket masuk sehari bermain salju di Gala Yuzawa. Promo ini bisa dibooking mulai tanggal 10 Januari-28 Februari 2015. Lalu kamu bisa ke Gala Yuzawa hanya dengan 77 menit dari Tokyo.




Untuk informasi lebih lengkap bisa dibaca di sini:
Website resmi:          http://www.jp-rail-id.com/products/gala-yuzawa/
Facebook page:        https://www.facebook.com/id.jprail

Semoga liburan ini engga cuma sebatas wacana yang saya tulis di blog, ya :)
Makanya saya ikutan kompetisi blog ini supaya bisa menang hadiah liburan ke Jepang! Karena bisa pergi ke sana adalah salah satu impian saya sejak kecil :3



berpartisipasi dalam “My Ideal Japanese Winter Vacation” Blog Competition [4] JR East (Tokyo Rail Days) Official Website

Source image:
shibuya
Tokyo Tower
Ghibli Museum (totoro)
AKB Theater

4 comments:

  1. jhahahh jadi iklan brand ambasador juga yah xixixix

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. Halo! Aku Sisca, staf dari Indonesia di Yumeyakata , Kyoto.
    Makasih banget yah udah dateng ke Yumeyakata and ngepost tentang Yumeyakata di blog kamu!

    Mau tanya nih, apakah boleh kami mention blog kamu di facebook Yumeyakata versi Bahasa Indonesia and Melayu? We`re so appreciated because you mention us on your blog!

    We are waiting for some good news from you!
    Thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hey, sure, you can mention my blog on facebook! :D

      Thank youuuu

      Delete