#

[Me]di[time]si

Kalau ditanya apa yang paling saya suka dalam hidup adalah bermalas-malasan, padahal katanya kalau bermalas-malasan itu temennya setan. Ya untunglah bukan saya yang jadi setannya.

Engga, bukan itu inti bahasan kali ini.

Akhir-akhir ini saya seperti kena azab, tau-tau sibuk, tau-tau engga punya waktu buat piknik, dan tau-tau engga bisa malas-malasan.

Semua diawali dengan saya dapat pekerjaan baru, lalu diminta buat ikut les tambahan, dan juga ikut salah satu organisasi kampus, belum lagi keseharian saya sebagai mahasiswa semester 6 di salah satu universitas di Bandung.

Sibuk.

Banget.

Untungnya semuanya sejauh ini menyenangkan, saya ketemu banyak orang baru, saya jadi lebih sering kumpul sama anak kampus, juga sekarang saldo rekening saya engga cuma 5 digit lagi -sudah termasuk 3 angka 0.

"Suka bosen atau bete banget ga sih sama rutinitas yang begitu?"

Sering!


Tapi saya punya beberapa cara buat mencoba engga melihara rasa bosan dan bete itu. Bisa disebut juga momen meditasi saya. Atau sebutlah Me-di-time-si, alias me time.


1. Dengerin Lagu 




Ini adalah hal paling sederhana yang saya lakuin pas saya bosen atau bete, biasanya saya di kosan nyalain laptop, buka youtube, milih satu lagu, dan biarkan autoplay beraksi, kadang juga saya pilih yang emang pengen saya tonton videonya.

Tapi beberapa lagu berikut ini sering banget saya dengerin akhir-akhir ini,

Monophones - Rain of July, lagu yang merupakan soundtrack dari salah satu film favorit saya, Catatan Akhir Sekolah. Selain karena ada kata 'July' di lagunya, which is my birthday month, lagu ini kesannya adem banget kalau didenger. Kadang abis dengerin tau-tau tidur aja saking ademnya, apalagi kalau lagi hujan dan ga ada kerjaan.

Hollywood Nobody - Kiss the Pain Away, engga tau kenapa tapi setiap dengerin ini saya langsung kebayang film lama produksi Amerika. Rekomendasi untuk yang engga terlalu suka lagu kenceng tapi asik.

Tulus - Bumerang, saya suka banget sama lirik lagu ini, salah satu alasan kenapa saya terus dengerin ini bahkan kadang setting lagunya jadi just one song repeat. 

Adhitia Sofyan - Adelaide Sky, lagu ini sebenarnya lebih sering saya denger pas saya lagi di jalan, terutama kalau di bis. Karena ada kombinasi khusus buat saya saat naik bis, duduk di kursi pojok sebelah kiri, melihat ke arah luar jendela, mendengarkan alunan gitar akustik Adhitia Sofyan, apalagi kalau ditambah bonus hujan rasanya menenangkan :D

Backnumber - Sister, lagu dari band Jepang yang paling sering saya play di itunes karena saya pernah dengerin ini sambil nangis saat pertama kali denger, engga tau kenapa tapi kaya ada sesuatu di sini yang begitu ngena ke saya. Tapi di samping itu, ini lagu yang bagus buat didengerin :)

Panic at the Disco - Ballad of Monalisa, sejujurnya saya lebih seneng nonton videonya dibanding denger lagunya, konsep MV bergaya victorian bikin saya inget film Sweeney Todd :))

2. Nonton Film / Video



Saya gampang terdistraksi sama film. Terutama film animasi. Kalau bosen, saya biasanya browsing video di youtube, atau pergi ke bioskop sendirian. Kadang juga nonton ulang film-film yang ngendap di laptop saya, itu juga cuma sedikit sih, yang paling sering saya tonton ulang adalah 500 days of Summer, 20th century boys, Begin Again, Hot FuzzScott Pilgrim vs the World, dan The Grand Budapest Hotel. Mungkin nanti saya coba bikin review film-film itu di sini kalau senggang :3

3. Baca Buku



Saya paling seneng ngabisin waktu dengan baca buku, saya nyempetin untuk beli satu buku perbulan untuk saya selesaikan di bulan itu juga, kadang saya juga bawa beberapa koleksi buku saya dari rumah untuk saya baca ulang di kosan begitu saya bosan.

Atau kalau emang saya engga sempet buat baca buku cetak, saya baca manga online, dan biasanya yang saya baca adalah genre shoujo atau biasa kita kenal dengan serial cantik, ya biar bacanya sambil "kyaa kyaa" gitu.


4. Browsing 

Saya ini sebenarnya bukan gadget addict, tapi socmed addict, jadi saya sebenarnya hampir engga pernah matiin handphone saya terutama, kecuali kalau lowbat. Twitter jadi socmed favorit saya sejauh ini, bosen tinggal buka twitter, scroll timeline dan cari bahasan yang seru. Dan saya biasa browsing di beberapa situs untuk cari inspirasi gambar atau sekedar liat-liat sambil komen 'wah jago', 'gila, keren banget'. Atau juga cuma sekedar buat denger lagu kaya yang udah saya ceritain di atas.

5. Nulis 



Saya punya banyak banget akun tumblr dan salah satunya berisi tulisan fiksi saya, saya hanya share link kepada beberapa kenalan dekat saya, sejujurnya saya jarang berbagi tulisan fiksi saya bukan karena sombong atau apa. Justru saya merasa tulisan saya jauh dari bagus untuk dibagikan kepada orang lain, akhirnya fiksi-fiksi saya cuma jadi sekedar pengisi waktu luang yang menyenangkan. Mungkin kalau saya sudah cukup percaya diri tentang tulisan fiksi saya, akan saya coba share di blog ini yaaa :)


Kalau kamu, biasanya ngapain nih pas bosen? :D

10 comments:

  1. Kelihatannya menarik. Share aja cerita fiksi kamu kesini, sapa tahu banyak yang suka hehehe :D

    Salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, mungkin kalau nanti udah cukup berani share fiksinya akan saya share. Terima kasih!

      Delete
  2. Kelihatannya menarik. Share aja cerita fiksi kamu kesini, sapa tahu banyak yang suka hehehe :D

    Salam kenal :)

    ReplyDelete
  3. Uwaaahh... menarik nih blognya. jadi ngefans sama neechan yg satu ini :))
    Keep Posting

    がんばって ください

    ReplyDelete
  4. Cool banget yah semua kegiatan nyaaa, sesuai dgn bio nya a professional time waster huahaha dan ganyangka ternyata anak telkom-u deket banget kampusnya wkwk oiya salam kenal yaaa meganee-san!! Hahaha

    ReplyDelete