#

Komik Ga Jelas [Review]


Pernah gak sih kita denger orang ngelawak terus ga lucu, atau juga orang ngelantur engga jelas tapi sebenernya lucu tapi bikin kesel?

Saya pernah.

...jadi orang yang ngeselin karena garing.

Sampai suatu waktu, saya beli buku berjudul 'Komik Ga Jelas' yang ternyata jauh lebih ngeselin dari kelakuan saya ke orang sekitar.

Sebenarnya komik ini pernah saya live review di Instagram, tapi saya janji untuk bikin review tertulisnya supaya lebih banyak orang yang kesel dan ga jelas.

Hmm, penasaran gak sih kenapa judulnya 'Komik Ga Jelas'? Dan kenapa saya sampe kesel sendiri bacanya?

Jawabannya...

adalah...
Dari awal buku ini dibuka juga udah bikin kesel banget.

Pasalnya, ini buku desain covernya itu portrait, tapi begitu kita buka halaman pertama...

ITU JADI LANDSCAPE




Dan yang lebih menyebalkan adalah saat mau simpen buku ini di rak, diberdiriin engga bisa, dibikin nyamping juga ga bisa.

Itu baru halaman pertama dan covernya. Masih banyak stock menyebalkan yang komik ini punya.

Tapi sebelum itu kita bahas yang lainnya dulu, Komik ini dibuat oleh Jasmine H Surkatty, dia bilang komik ini berawal dari iseng, di mana awalnya hanya sekedar kumpulan komik strip yang dia buat dan nikmati sendiri, tapi atas saran warga sekitar akhirnya dia publish komik ini di beberapa platform socmed.



Di buku ini ada beberapa tokoh yang serupa tapi tak sama. Iya lah pada botak-botak bulet gini, gimana mau bedain :(




Eits tapi ternyata mereka memang berbeda. Yang pertama adalah Budi. Dia digambarkan dengan mata putih besar dibanding tokoh lainnya dan benar-benar plain. Budi ini karakter yang 'normal' dan seringkali kesal oleh kelakuan atau ucapan temannya yang lain.



Yang kedua adalah cecep, dia digambarkan dengan mata sebelah besar dan punya plester di hidungnya, salah satu tokoh yang sering bikin budi kesel.


Ada lagi tokoh yang namanya Tono, digambarkan bermata besar tapi bersudut lancip dan punya 2 helai rambut memanjang. ya.



Salah satu tokoh perempuan di sini adalah Susi, digambarkan dengan rambut hitam panjang. Juga merupakan idaman Budi.



Konten di buku ini bukan cuma komik strip, ada juga Teka-Teki Ga Jelas, yang sama aja ngeselinnya, tapi tebak-tebakannya bukan sekedar yang receh plesetan doang.



Dan di akhir buku ada Kamus Kosa Kata Ga Jelas, ya mungkin kamu perlu untuk belajar.


KGJ ini menyenangkan untuk dibaca di waktu luang, ngeselin sih isinya, tapi menyenangkan. Kamu ga perlu S1 untuk ngerti jokes yang diolah Jasmine di sini. Semuanya ringan dan relate sama kehidupan sehari-hari, tapi tetep ngeselin sih, mau marah tapi gimana.. Sebenarnya isi dari buku ini lebih kaya gimana sih kamu kalau menghadapi orang sekitar kamu yang jayus.

Oh, dan kamu bisa dapatkan buku Komik Gak Jelas ini di toko buku sekitar kamu. Harganya terjangkau dan bisa dibawa ke mana-mana.

Sebelum baca bukunya, kamu bisa juga follow akun komik gak jelas di Instagram dan di Facebook!

Komen di bawah kalau kamu punya rekomendasi komik lain untuk di review ya :D


4 comments:

  1. Aseli ini komik apa banget lah dit, wkwwkwk receh juga sih guyonnya. Eh, kamu enggak review komik-komik mainstream nih? Yang itu tuh...

    ReplyDelete
  2. hello ditta, ngereviewnya enak ngalir, ini komik receh abis yaaa haha, oh ya gw boleh request kan mau review komik apa? btw gw mau ditta review komik indie dong, yg mungkin ditta tau (komik indie ga kalah ko sama komik2 terbitan hehe). di tunggu yaaa review or pengalaman selanjutnya. sorry baru comment.. >_<

    ReplyDelete
  3. oohh jadi begitu yah isinya. baru pernah denger namanya doang tapi lom pernah lihat bukunya. btw ada komik lain yg recommended ga nih? :)

    ReplyDelete