#

Kerjanya apa?



Kak Ditta kerjanya apa? - netizen
Pertanyaan ini paling sering dilontarkan orang melalui dm atau komentar di sosmed saya. Beberapa menyangka saya adalah seorang desainer grafis, atau ilustrator, kadang ada yang berpendapat saya ini komikus, atau seorang penulis.

Tapi sebenarnya saya adalah seorang...
Kapiten.

Iya, udah tahu kan, becanda?

Sekarang, saya bekerja di salah satu kantor platform komik digital bernama CIAYO, sebagai seorang community manager. Kamu bisa cari detail pekerjaan saya ini apa, di internet banyak, ayo gunakan internet bukan cuma buat stalking gebetan dan mantan!

Jadi begitu, saya kerjaan sebenarnya adalah seorang community manager. Salah satu highlight kegiatan saya adalah mengurus komunitas dan acara offline, misal CIAYO COMICONNECT Tour yang sudah berlangsung di beberapa kota. Kamu bisa lihat keseruannya di kanal youtube CIAYO, semua video kegiatan tim saya ada di situ, salah satunya adalah vlog kegiatan di Jogjakarta beberapa waktu lalu ini...


Lalu bagaimana dengan membuat komik?

Blue Serenade adalah komik yang dibuat atas permintaan dari CIAYO, saya diminta membuat skrip komik dengan premis yang sudah disediakan, dengan ilustrator yang merupakan idola saya, Dini Marlina. Dan ini bukan merupakan pekerjaan pokok saya.

Jadi karir profesional saya sebagai seorang penulis cerita untuk komik baru dimulai di sini. Sebelumnya hanya sebatas hobi dan mengisi waktu.

klik untuk baca

Komik yang bisa kalian baca di CIAYO ini sudah selesai season 1 nya, season 2 masih dalam masa pembuatan. Setiap hari saya dan Kak Dini mendapat dm atau komentar berupa 'Kak kapan season 2?', tenang semua, kami di sini bukan sedang liburan, kami berusaha menyelesaikan ini cepat-cepat.

Tapi tangan kami cuma dua, jadi mohon pengertiannya ya. Kalau mau bandingin sama komikus lain, engga bisa, aktivitas kami sudah jelas beda, tanggung jawab yang kami punya juga beda. Sebagai yang sama-sama tetap bekerja full time di kantor dan mengerjakan komik di akhir pekan, kami engga bisa ngebut-ngebut.

Saya terkadang bantu proses flatting gambar (memberi warna dasar pada gambar), atau letteringnya (menambah dan memperbaiki tulisan). Kalau kamu pernah baca spesial format di Blue Serenade, itu saya dibantu ilustrator lain membuat sebuah format yang bukan komik, karena keterbatasan waktu tidak mungkin dalam waktu seminggu saya membuat komik yang menyaingi komikus aslinya, mana sempet. Jadi setelah ceritanya selesai, saya lalu layout sendiri format spesial itu dan mempercantik dengan ilustrasi yang teman-teman saya buat. Itu aja udah makan waktu cukup banyak. Apalagi bikin komik yang rilis seminggu sekali.

Kalau ada sihir yang bisa bikin komik cuma dengan simsalabim, ya kami juga mau.

Jadi mohon kesabarannya ya :) kami juga ingin segera rilis kok!

Tapi kak Ditta juga bisa gambar? Kenapa engga buat komik sendiri?

Saya memang menggambar, tapi bukan untuk kebutuhan komersil, tapi di sana ya bukan belajar gambar aja. Saya baru serius belajar gambar lagi ya setelah engga kuliah di sana justru, lebih banyak waktu luang untuk belajar. Gambar jadi salah satu terapi agar saya tetap waras di padatnya kesibukan yang engga seberapa ini.

Engga bikin komik sendiri karena saya memang engga bisa gambar komik, males juga bikin komik kaya lagi maen wayang, cuma madep samping sama depan, kan engga menarik, ya buat saya sih, nanti saya malah kesel sama hasil karya sendiri. Jadi saya prefer membuat ilustrasi, terutama yang bisa saya bukukan.

Makanya saya lebih senang kolaborasi sama ilustrator lain, dan saya membuat ceritanya.


Saya juga bukan seorang ilustrator seperti yang disangka, di instagram atau twitter saya memang beberapa kali post gambar buatan saya, tapi saya engga pernah melabeli diri sebagai seorang ilustrator. Saya cuma orang yang gemar menggambar sedari dulu.

Waktu kecil, saya pernah ingin menjadi seorang ilustrator buku, entah novel atau buku cerita anak. Dan kemarin, saya akhirnya mewujudkannya, saya dipercaya menjadi ilustrator untuk 'Buku Rahasia Geez' karya Nadhifa Alliya Tsana atau yang dikenal dengan pen name rintiksedu.

Seru banget kerja sama dengan Tsana dan Gagasmedia! Gimana sih rasanya berhasil jadi ilustrator untuk penerbit yang sejak jaman sekolah kamu idolakan karya-karya terbitannya, dreams do come true at this point. Akan segera terbit dalam waktu dekat!



Ngomong-ngomong, Hello Goodbye edisi cetak ulang yang akan rilis nanti juga berisi banyak banget ilustrasi buatan saya, tetap tunggu rilisnya ya!



Kan kuliahnya DKV, kok enggak jadi desainer grafis?

Dulu saya memang kuliah desain komunikasi visual di salah satu kampus swasta di Bandung, sempat menjadi desainer grafis di suatu agency di Bandung, distro, dan portal media. Namun sejak setahun lalu saya sudah menyerah menjadi seorang desainer grafis, bukan karena apa-apa, tapi ego saya malas berantem dengan klien yang minta revisi di waktu saya harus istirahat, atau hal idealis lainnya antara saya dan klien. Saya tetap suka desain, ilmu yang saya punya juga tidak semata-mata jadi tidak berguna, semua terpakai di karya-karya saya :) chill?

Dalam beberapa waktu kebelakang, saya cukup sibuk dengan aktivitas kantor, juga pekerjaan freelance, weekend dipakai untuk event, sepulang kantor saya mengerjakan freelance gambar dan menulis.

Saya engga berani mengeluh di sosmed mengenai pekerjaan saya, apapun itu, kantor atau freelance, karena ini adalah hidup yang saya impikan sejak dulu.

Bisa bekerja di kantor yang saya inginkan, dengan rekan kerja yang menyenangkan, lingkungan yang produktif, saya bisa membuat komik seperti yang saya cita-citakan, menjadi ilustrator buku, juga menulis.

Dengan semua berkah yang saya dapat, apa saya masih pantas untuk mengeluh di hadapan orang-orang?

Quote yang seliweran di pinterest, atau explore instagram kadang terasa palsu, tapi sebenarnya saat kita tidak berhenti berusaha, kesempatan itu akan ada, tinggal bagaimana kita melihat peluang. Kalau kamu masih belum menemukan pekerjaan yang kamu ingin, semangat ya, saya juga gagal berkali-kali dulu untuk sampai di titik ini. Ada yang saya korbankan untuk sampai di sini.

***

Ditta Amelia Saraswati,
14 Agustus 2018
Menunggu jam pulang kantor.


9 comments:

  1. Kayaknya harus ada yang niat bikin biografi Helloditta nih. Menarik cerita hidupnya

    ReplyDelete
  2. Semangat terus kak ditta, aku mendukungmu dan selalu menanti karya karyamu

    ReplyDelete
  3. Auto bookmark, ceritnya sungguh inspiratif kak

    ReplyDelete
  4. Semangat kak ditta. Saya juga lagi berjuang mempertahankan passion saya agar jadi kehidupan yang saya inginkan yaitu do what you love and love what you do. Bekerja karena hobi itu lebih berasa hidup aja. Hahaha

    ReplyDelete
  5. Btw, siapa tau kak ditta mau mampir ke akun Instagram saya yang tak seberapa untuk melihat karya karya sederhana yang ada di sana:IG: peyekyek

    ReplyDelete
  6. Nah, coba kalau punya vlog ini menarik pasti,

    ReplyDelete
  7. ceritain dong,kak. Bagaimana awal kakak bisa kerja di ciayo corp?

    ReplyDelete
  8. Selalu menarik untuk dibaca walaupun udah berulang kali.Kak ditta panutanQue 😄.Terimakasih kak motivasinya.

    ReplyDelete